Tujuan Kegiatan Perawatan Mesin Industri

Tujuan Kegiatan Perawatan Mesin Industri

12 January 2016

Dunia industri terus berkembang. Sekarang dapat kita temui kegiatan industri dimana-mana. Mengingat kebutuhan manusia yang semakin banyak, mesin-mesin industri pun diproduksi dan digunakan guna membantu manusia dalam memproduksi sesuatu. Sayangnya, mesin juga seperti manusia yang mempunyai batas kemampuan, maka perlu adalanya tindakan perawatan mesin secara berkala untuk menjaga mesin dapat bekerja secara maksimal.

Setiap orang pasti setuju mengenai pentingnya perawatan mesin dalam dunia industri. Para pelaku kegiatan industri pasti menyadari akan pentingnya peranan perawatan mesin guna menunjang aktifitas produksi mereka. Secara umum, tindakan perawatan mesin dilaksanakan agar proses produksi pada suatu industri berjalan lancar dan maksimal. Namun, tujuan-tujuan lain yang tidak kalah penting dalam hal perawatan mesin industri antara lain:

  1. Menunjang kemampuan berproduksi pada mesin agar dapat mencapai target produksi pada sebuah industri.
  2. Menjaga kualitas produk pada tingkat yang diharapkan.
  3. Membantu mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang harus dikeluarkan perusahaan jika terjadi kerusakan pada mesin industri, sehingga menjaga modal yang diinvestasikan perusahaan selama kurun waktu yang ditentukan.
  4. Dengan melaksanakan kegiatan perawatan mesin secara efektif dan efisien, maka diharapakan tingkat biaya maintenance dapat ditekan serendah mungkin.
  5. Untuk menjamin keselamatan pekerja yang mengoperasikan mesin industri.
  6. Membangun kerja sama yang erat antara fungsi-fungsi utama lainnya dari suatu perusahaan yaitu tingkat keuntungan atau return of investment yang sebaik mungkin dan biaya pengeluaran serendah mungkin.

Dalam hal perawatan mesin industri, tentu tujuanya tidak sebatas yang telah ditulis di atas. Ada tujuan-tujuan lain dari perawatan mesin industri untuk mencapai manfaat spesifik. Setiap kegiatan industri mempunyai tujuan tersendiri dari dilakukanya kegiatan perawatan mesin.


Comments are closed.