Trik Menyambung Pipa

Trik Menyambung Pipa

14 January 2013

Instalasi listrik dan perairan yang ada di rumah merupakan sesuatu yang wajib ada dan harus di desain sedemikian rupa supaya tidak menimbulkan permasalahan untuk kedepannya. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah mengenai penyambungan pipa. Penyambungan pipa yang tidak sesuai aturan akan memperpendek umur dan fungsi dari pipa tersebut.

Berikut ini adalah langkah-langkah penyambungan pipa:

  • Memotong pipa sesuai ukuran panjang yang diperlukan dengan menggunakan gergaji;
  • Menggunakan sambungan pipa kualitas terbaik;
  • Membersihkan sekaligus mengasarkan permukaan bidang yang akan disambungkan melalui proses pengamplasan pada dua bagian pipa yang akan disambungkan;
  • Mengoleskan lem khusus pipa PVC pada kedua permukaan masing-masing pipa, kemudia menyatukan kedua bidang tersebut dengan ditekan beberapa detik;
  • Menunggu sambungan pipa mengering baru pipa siap dipergunakan.

Salah satu cara mengantisipasi kerusakan instalasi air bersih, baik dari segi keawetan kran-kran yang ada maupun dari segi jaringan adalah dengan memilih menggunakan bahan yang tidak hanya mahal, namun juga berkualitas baik. Mencoba menggunakan produk kualitas murahan hanya akan merepotkan di kemudia hari.

Untuk penggunaan pipa yang ditanam, akan lebih baik jika menggunakan pipa yang berbahan dasar besi. Sementara itu, jalur pipa air sendiri akan lebih baik apabila melalui jalur yang tidak terlalu banyak di ‘urug’. Jalur pipa dapat dilewatkan jalur selokan di samping rumah yang tentunya masih wilayah sah tanah milik pribadi.

Sumber: kerockan.blogspot.com


Comments are closed.