Tips Memilih Pelumas Untuk Mesin Industri

Tips Memilih Pelumas Untuk Mesin Industri

2 December 2015

Banyaknya produk-produk pelumas akhir-akhir ini membuat kita semakin bingung menentukan pilihan. Masing-masing produk pelumas biasanya menawarkan kelebihan-kelebihan tersendiri yang menggiurkan, sehingga memiilih salah satu yang terbaik menjadi sulit. Berikut tipsnya untuk memilih pelumas yang sesuai untuk mesin industri.

Pertama, yang paling mudah dilakukan adalah membaca petunjuk dari buku panduan mesin industri tersebut. Cari bagian yang berkaitan dengan kriteria pelumas yang dibutuhkan, atau juga bisa bertanya langsung kepada ahlinya. Beberapa pakar akan tahu jenis teknologi mesin industri yang digunakan dan dapat mereferensikan spesifikasi pelumas yang terbaik. Pelumas yang terbaik bukanlah berdasar merek atau harga, melainkan spesifikasi pelumas yang dibutuhkan mesin industri.

Kedua, perhatikan kekentalan pada produk oli mesin. Pernahkah anda melihat kode SAE 30, SAE 40, dan sebagainya? Ini adalah aspek kekentalan oli yang diukur pada temperatur kerja mesin mulai dari 0 sampai 98,9 derajat celsius. Kekentalan oli yang dipengaruhi oleh pergantian temperatur ini disebut tipe singgle grade. Jadi semakin rendah angka SAE-nya akan semakin encer. Sedangkan untuk tipe oli yang kekentalanya tidak dipengaruhi oleh perubahan temperatur disebut tipe multigrade. Pastikan tipe oli mana yang tepat untuk mesin industri anda.

Ketiga, perhatikan juga sertifikasi API (American Petroleum Institute). Instansi ini menguji mutu produk-produk pelumas yang sampai kini masih menjadi rujukan dunia. Untuk memiliki sertifikasi ini, produk pelumas harus melakukan serangkaian pengujian laboratorium dan pengujian pada mesin, menurut The International Lubrication Standardization. Sehingga hanya pelumas yang lolos uji yang akan mendapat sertifikasi standard API.

Keempat, perhatikan juga rating. Pada umumnya rating ditandai dengan huruf alfabet. Berkaitan dengan mutu pelumas, biasanya menggunakan huruf mulai A sampai L. Huruf A menunjukan pelumas dengan kreteria paling rendah, dan L paling tinggi.


Comments are closed.