Sebelum Melepas Baut Yang Keras

Sebelum Melepas Baut Yang Keras

25 May 2015

Salah satu produk dari Libratama melalui Chicago Pneumatic, yakni Impact Wrenches adalah mesin pembuka baut yang paling terkemuka dan berkelas di bidangnya. Meskipun terkesan memiliki fungsi yang sangat sederhana, mesin pembuka baut dari Chicago Pneumatic ini dikenal mampu memberikan produktifitas tinggi dan penghematan waktu serta tenaga yang bisa saja terbuang dengan banyak jika kita masih memakai kunci pembuka baut yang harus digerakkan dengan tenaga manusia. Bayangkan jika baut yang harus dikencangkan atau dilepas ternyata berjumlah sangat banyak, berapa banyak waktu dan tenaga yang harus kita habiskan untuk melakukannya?

Dalam beberapa kasus, baut-baut keras juga dapat memberikan masalah tersendiri, khususnya jika kita ingin melepas baut tersebut untuk membuka atau memperbaiki sebuah mesin. Beberapa trik dapat kita gunakan untuk dapat membuat baut-baut yang keras dan berkarat ini dengan mudah dilepaskan seperti sebagai berikut.

  • Meskipun terkesan kasar dan membuat suara keributan, Kita dapat melakukan pemukulan pada kepala baut. Pemukulan ini tidak harus dengan tenaga yang besar, cukup dengan pemukulan ringan, maka kita dapat memberikan sedikit shock atau kejutan ringan yang dapat membuat momentum yang dapat mengurai beberapa karat atau kotoran yang menempel pada ulir baut yang menjadi penyebab utama kerasnya baut ini.
  • Jika ternyata karat atau kotoran sudah terlanjur menempel dengan kuat sehingga tidak dapat diurai dengan pemukulan, kita masih bisa memakai sejenis semprotan pembersih karat untuk disemprotkan pada baut tersebut. Tunggu beberapa saat setelah disemprotkan agar cairan ini meresap ke bagian ulir baut. Kita juga dapat memberikan pukulan ringan agar penguraian karat dan kotoran menjadi lebih cepat dilakukan. Setelah itu, barulah kita dapat mulai melepaskan baut dengan memakai mesin impact wrenches dari Chicago Pneumatic tersebut.

Comments are closed.