Proses Kerja Kamera Infrared dalam Mendeteksi Masalah

Proses Kerja Kamera Infrared dalam Mendeteksi Masalah

22 October 2015

Kamera infrared menjadi salah satu alat pemeliharaan yang banyak diandalkan di berbagai sektor, diantaranya pemeliharaan listrik, mendeteksi adanya virus mematikan di bandara, dalam bidang konstruksi, proses pemadaman kebakaran, pelokalan dasar api, hingga menemukan orang. Kamera infrared akan bekerja dengan mendeteksi adanya potensi yang bermasalah atau mengalami kerusakan yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.  Dengan kemampuan tersebut, sebenarnya apa yang mendasari proses kerja dalam kamera infrared?

Pada dasarnya semua benda mengandung energi panas (kalor), serta berinteraksi secara thermal  (panas) dengan lingkungan di sekitarnya. Dengan adanya alat thermografi memiliki fungsi untuk melihat dan mengukur panas. Sebenarnya semua material di bumi ini mampu memancarkan energi panas pada bagian inframerah dari spektrum,  hanya saja bagian tersebut tidak dapat dilihat hanya dengan mata telanjang manusia. Di sinilah fungsi thermographic atau thermal images memungkinkan para penggunanya untuk melihat dan mengidentifikasi gambar thermal. Melalui indentifikasi  ini akan terlihat adanya anomali yang ada di suatu benda, misalnya komponen listrik, gedung, mekanik, pipa, hingga waterproofing system.

Pada prosesnya kamera infrared akan menghasilkan berupa gambar atau video real time energi panas pada suhu yang jauh lebih rendah dibanding yang bisa dilihat oleh manusia. Kamera infrared bekerja dengan mendeteksi radiasi panas dari permukaan berdasarkan suhu pada permukaan, emisivitas, serta radiasi panas yang terefleksi dari lingkungan di sekitarnya. Sehingga secara otomatis kamera infrared mengukur dan menghasilkan gambar dari semua radiasi inframerah yang diterima dari suatu objek. Radiasi infrared yang terpancar inilah yang menjadi fungsi dari suhu permukaan objek, sehingga memungkinkan kamera untuk menghitung dan menampilkan suhu. Sementara itu radiasi panas mengalir seperti energi cahaya.

Kemudian bagaimana kamera infrared mampu mendeteksi kelembaban? Kelembahan atau moisture akan berdampak tidak baik pada beberapa benda, seperti bahan bangunan. Kelembaban yang terjadi semakin lama mampu menghancurkan kekuatan struktural bangunan dan mengakibatkan gedung akan berjamur. Dalam hal in kamera infrared akan mendeteksi dengan menemukan dan menghapus sumber kelembaban dengan tepat dan akurat. Dengan cepat kamera infrared akan menemukan sumber utama sedikit demi sedikit tanpa harus melakukan pembongkaran fisik terhadap bangunan.


Comments are closed.