Pipa Baja Karbon Spiral Welded Pipe

Pipa Baja Karbon Spiral Welded Pipe

9 March 2015

Pipa baja karbon adalah salah satu jenis pipa yang banyak dipakai di dunia industri. Beberapa jenis industri yang memiliki produksi atau jenis fluida yang cenderung memiliki sifat berupa suhu yang ekstrim layaknya sangat panas, tekanan yang sangat besar, atau sifat dan kekuatan yang besar layaknya industri minyak bumi atau bahkan gas memakai jenis pipa ini mengingat kemampuannya untuk memindahkan fluida dengan sifat di atas dengan sangat baik.

Salah satu jenis pipa baja karbon yang banyak digunakan di industri tanah air adalah pipa spiral atau dalam bahasa aslinya adalah spiral welded pipe. Meskipun namanya spiral, namun kita tidak bisa membayangkan pipa ini memiliki bentuk spiral yang tentu saja akan membuat fluida yang dipindahkan di dalamnya akan meluber kemana-mana. Kata spiral sendiri berasal dari bentuk luaran permukaan dari jenis pipa ini yang memiliki pola spiral karena bahan baku pembuatannya berupa pelat baja strip yang disambung-sambung menjadi satu dengan pola layaknya spiral dan membentuk pipa.

Pipa ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan jenis pipa-pipa lainnya yang mudah ditemui di pasaran yang tentu saja berbentuk silinder dengan lubang di tengahnya sebagai tempat mengalirnya fluida. Ukuran dari pipa ini pun bermacam-macam, namun biasanya di dunia industri, pipa-pipa spiral dengan ukuran besar akan lebih banyak ditemui mengingat kebutuhan proses produksi yang cenderung bervolume besar, namun, pipa ini cenderung tipis sehingga penggunaannya pun terbatas agar tidak digunakan pada sistem perpipaan bertekanan. Pipa spiral akan jauh lebih cocok jika digunakan sebagai pipa casing atau pipa pondasi dan pipa support. Pipa spiral juga membutuhkan jumlah sambungan yang cukup banyak per satuan panjangnya sehingga membutuhkan inspeksi pengelasan dan sambungan yang lebih banyak.


Comments are closed.