Pipa Baja Karbon Seamless Pipe

Pipa Baja Karbon Seamless Pipe

5 March 2015

Pipa dengan bahan baja karbon dapat dengan mudah kita temui di berbagai macam dunia industri, khususnya dalam bidang minyak dan gas. Jenis pipa ini memiliki kemampuan yang sangat baik sebagai pengalir fluida yang memiliki suhu ekstrim, khususnya suhu yang panas, tekanan yang cenderung tinggi, dan juga sifat yang bisa merusak. Bahan logam yang kuat tentu akan sangat baik menahan dan mengalirkan fluida dengan sifat-sifat di atas.

Pipa dengan bahan baja karbon sendiri memiliki tiga buah jenis yakni seamless pipe, straight welded pipe, dan butt welded pipe. Untuk kali ini, kita akan membahas jenis pipa seamless pipe yang juga disebut sebagai pipa tanpa sambungan. Sebagaimana namanya, kita tidak akan menemukan sambungan sepanjang pipa ini, yang berarti, pipa ini tidak akan mengalami bagian apapun yang terganggu atau berubah bentuk materialnya karena terkena panas pengelasan. Pipa ini sendiri terbuat dari bahan baja silinder pejal dan untuk dijadikan pipa kemudian dilubangi di bagian tengahnya dengan kondisi hampir meleleh sehingga dapat dialiri fluida nantinya, kondisi ini sering disebut sebagai billet.

 Billet sendiri adalah sejenis besi pejal yang kemudian diapit dan kemudian digulung dengan sejenis sizing rolls. Roller ini sendiri membentuk diameter luar dan besi pejal ini kemudian dilubangi oleh suatu alat yang disebut dengan mandrel. Pipa ini dibuat dengan metode tanpa join atau sambungan sehingga kualitas hasil pipa pun akan jauh lebih baik mengingat kualitas baja yang dihasilkan tentu hampir sama pada setiap jengkal permukaan dari pipa. Metode dimana membuat pipa tanpa adanya sambungan juga akan sangat menguntungkan dalam hal membuat ketebalan pipa baja karbon yang rata sehingga akan baik untuk digunakan di dunia produksi.


Comments are closed.