Perlengkapan Air Compressor (Bagian 1)

Perlengkapan Air Compressor (Bagian 1)

3 April 2014

Jika kita memperhatikan tukang tambal ban saat melakukan pekerjaannya, kita biasanya hanya melihat satu paket air compressor yang telah kokoh dan seakan-akan tidak membutuhkan peralatan lain untuk mendampinginya, namun, apakah hal tersebut benar adanya? Well, ternyata hal ini kurang tepat mengingat ternyata ada beberapa peralatan yang dibutuhkan oleh suatu alat air compressor untuk mendukung pekerjaannya yang beragam, apa sajakah perlengkapan tersebut? Berikut adalah diantaranya.

Perlengkapan pertama yang dapat kita gunakan dalam air compressor adalah air dryer. Jangan kita bayangkan air dryer ini mirip dengan perlengkapan hair dryer yang banyak digunakan untuk mengeringkan rambut di rumah-rumah atau salon, karena air dryer ini tentu saja berbeda, meskipun memiliki fungsi yang bisa dikatakan nyaris sama, yakni mengeringkan udara. Air dryer yang berada pada peralatan air compressor sendiri dapat mengeringkan udara yang keluar dari air compressor tersebut. Air dryer adalah perlengkapan yang jamak digunakan untuk air compressor yang dipakai pada pengerjaan pengecatan dengan level kualitas pengecatan yang tinggi. Disamping itu, dalam dunia industri, air dryer juga dipakai sebagai pelengkap penyedia tekanan udara untukĀ  pneumatic ataupun air tools dan juga berbagai kebutuhan industri lainnya.

Perlengkapan berikutnya yang dapat dipakai pada air compressor adalah desidant dryer. Dari kata dryer tersebut kita juga dapat memastikan bahwa peralatan ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan air dryer, yakni sebagai pengering udara yang keluar dari air compressor. Perbedaan mendasar dari kedua peralatan tambahan ini adalah desidant dryer memiliki tingkat efisiensi yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan air dryer. Desidant dryer biasanya dipakai pada mesin-mesin yang ada pada industri farmasi ataupun makanan.

Sumber: kaskus.co.id




Comments are closed.