Penggunaan Pipa Paralon Dalam Dunia Industri

Penggunaan Pipa Paralon Dalam Dunia Industri

26 January 2015

Jika kita menyebut pipa paralon, hal pertama yang akan langsung kita ingat biasanya adalah pipa yang dipakai untuk menyalurkan air bersih di rumah-rumah penduduk dari perusahaan air daerah. Pipa ini memang sangat identik dengan mengalirnya fluida air di dalamnya. Tahukah anda, pipa paralon sendiri secara dasarnya adalah terbuat dari bahan plastik, dan beberapa jenis lainnya dikombinasikan dengan vinyl jenis lainnya. Pipa paralon sendiri dikenal dari nama Polyvinyl Chloride atau PVC yang memiliki usia yang cenderung cukup lama, tidak mudah rusak, tidak mudah berkarat atau membusuk, serta mampu bertahan menghadapi berbagai macam bahan kimia. Meskipun dikenal sebagai pipa air, pipa ini sendiri sebenarnya memiliki penggunaan yang cukup luas, bahkan pada dunia industri.

Pipa paralon sendiri banyak dipakai pada dunia pertanian sebagai pipa irigasi atau bahkan untuk kebutuhan sanitasi. Dalam beberapa kasus, kita juga akan menemukan pipa paralon dipakai sebagai salah satu pelindung atau isolator kabel listrik yang akan sangat berguna bagi rumah atau bahkan pabrik-pabrik yang memiliki instalasi kelistrikan yang cukup rumit. Pipa paralon sendiri tercatat sebagai salah satu pipa yang banyak sekali dipakai di dunia, urutan ketiga jika dibandingkan dengan jenis pipa lainnya. Lebih dari separuh penggunaan pipa paralon ternyata berada di bidang konstruksi, tidak hanya soal pengadaan air yang selama ini kita kenal.

Pipa paralon sendiri memiliki banyak sekali kelebihan yang membuatnya banyak diminati di dunia industri, yakni dalam hal sifatnya yang tahan lama, keras, bebannya yang ringan namun cukup kuat. Instalasi sistem perpipaan paralon atau PVC ini pun tergolong sangat mudah, khususnya jika dibandingkan dengan pipa dengan bahan logam yang kadang harus melalui proses pengelasan. Disamping itu, pipa ini juga termasuk ramah pada lingkungan karena bisa didaur ulang dengan mudah.


Comments are closed.