Pengaplikasian Epoxy Lantai (Bagian 4)

Pengaplikasian Epoxy Lantai (Bagian 4)

6 August 2014

Di jaman sekarang ini, berbagai peralatan yang berhubungan dengan manusia biasanya telah terbentuk dengan tampilan yang baik dan menawan. Disamping peralatan, berbagai bangunan juga telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan sehigga tampilannya pun menjadi semakin menarik. Salah satu bagian yang mengalami perkembangan adalah bagian lantai dimana lantai-lanti modern pada bangunan tertentu kini telah banyak mengadopsi adanya proses pengecatan. Pada jaman dahulu, kita tentu tidak akan berpikir bahwa area lantai dapat dicat untuk keperluan tertentu. Namun, di jaman sekarang, untuk kepentingan yang beragam lantai dapat dicat dengan sejenis epoxy lantai untuk memenuhi faktor kebersihan dan daya tahan.

Pada artikel sebelumnya, kita telah melihat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengaplikasian epoxy lantai. Terdapat beberapa gal lain yang harus kita perhatikan seperti berupa pentingnnya penggunanan air dan sabun untuk mencuci bersih kotoran yang menempel pada permukaan lantai sebelum dicat. Kotoran sepertiĀ  minyak, pasta, atau sejenis oli memang harus dibersihkan dengan penanganan khusus.

Setelah pembersihan kotoran berhasil dilakukan, lantai harus dikeringkan setidaknya sekitar 2 x 24 jam sebelum kita benar-benar memulai pelapisan dengan cat epoxy lantai. Agar benar-benar kering, kita dapaat menggunakan sejenis kipas angin besar atau blower sehingga lantai pun akan terbebas dari kondisi basah dan lembab. Disamping kelembaban dan basah, lantai juga harus kita pastikan dalam keadaan bebas dari debu Untuk hal ini, kita akan dapat memakai peralatan vacuum cleaner yang dengan mudah mengatasi masalah ini. Setelah proses persiapan lantai ini selesai, maka kita pun dapat memulai adanya proses pelapisan lantai dengan cat epoxy lantai yang tahapannya dapat kita bahas pada artikel berikutnya.

Sumber: kontraktorepoxylantai.com




Comments are closed.