Mesin Gerinda

Mesin Gerinda

16 April 2015

Dalam dunia industri, kita mengenal berbagai macam jenis peralatan yang dipakai sesuai dengan kebutuhan dari industri tersebut. Salah satu peralatan di dunia industri yang cukup penting adalah gerinda. Gerinda sendiri dapat disebut sebagai peralatan yang dipakai untuk mengasah atau memotong benda keras untuk tujuan tertentu, sebagai contoh mesin atau peralatan yang harus dihaluskan atau ditajamkan untuk dapat memperlancar jalannya produksi. Prinsip kerja dari mesin gerindra sendiri sebenarnya cukup sederhana, yakni dengan membuat batu gerinda berputar-putar lalu disentuhkan dengan benda kerja yang ingin kita tipiskan, tajamkan, asah, atau bahkan potong.

Gerinda atau akrab disebut sebagai grinder sendiri tersedia sebagai produk Libratama melalui Chicago Pneumatic sebagai media pengerjaan pemisahan material dengan usaha yang minimum dan hasil yang berkualitas tinggi. Batu gerinda yang dipakai sendiri adalah hasil pengembangan teknologi yang diawali dari periode awal 1900an awal dimana terdapat butiran abrasif layaknya silikon karbida dan aluminium karbida yang mendasari adanya mesin gerinda modern yang kita kenal belakangan ini.

Perkembangan mesin gerinda sendiri sangatlah pesat sehingga kita kini mengenal setidaknya terdapat mesin gerinda permukaan, mesin gerinda tangan, mesin gerinda duduk, dan juga mesin gerinda silindris. Setiap jenis mesin gerinda memiliki bentuk yang berbeda dan fungsi yang berbeda-beda pula. Libratama sendiri menyediakan berbagai macam gerinda yang kuat, tahan lama, mudah, serta ringan untuk dipegang karena jenisnya yang berupa gerinda tangan.

Gerinda pertama yang ada pada Libratama adalah gerinda sudut dan juga mesin amplas industri. Mesin gerinda berikutnya adalah gerinda sudut dengan amplas yang jauh lebih kuat dengan torsi yang besar sehingga tingkat produktifitas yang dihasilkan pun cukup tinggi. Terdapat pula gerinda lurus dengan variasi yang lebih panjang yang dapat dipakai sebagai pembentuk kontur, penghalusan, pembersihan, kerja las, pemotongan, dan juga perbaikan ringan.


Comments are closed.