Merawat Air Compressor (Bagian 3)

Merawat Air Compressor (Bagian 3)

11 April 2014

Air compressor dikenal sebagai solusi utama akan kebutuhan tekanan udara berkualitas bagi berbagai jenis industri. Hal ini tentu saja dapat menjadi patokan yang jelas bahwa keberadaan air compressor tentu saja tidak dapat disepelekan begitu saja. Namun, yang terjadi sebenarnya sungguh ironis. Banyak sekali pelaku industri yang kurang memberikan perhatian dalam hal perawatan bagi air compressor ini. Kebanyakan industri melakukan prioritas perawatan pada mesin-mesin utamanya, namun tidak untuk air compressor. Padahal, jika air compressor mengalami penurunan kinerja ataupun kerusakan, bukankah tekanan udara yang dihasilkan akan memberikan dampak yang sangat besar bagi jalannya industri. Hal inilah yang membuat kita harus memperhatikan perawatan bagi air compressor.

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas beberapa perawatan yang dapat dilakukan, dari pembersihan beberapa bagian air compressor hingga penggantian oli secara berkala. Terdapat beberapa hal lain yang dapat kita lakukan, seperti diantaranya adalah:

Pada air compressor, kita harus rajin mengosongkan pressure tank secara berkala mengingat kita akan dengan mudah mendapatkan air dalam pressure tank tersebut. Disamping pressure tank, banyak hal lain yang harus dilakukan secara berkala, seperti pengecekan akan apakah ada kebocoran udara pada air compressor tersebut atau pada seluruh instalasi distribusi tekanan air compressor yang ada pada dunia industri ini. Adanya pengecekan ini sangatlah penting mengingat akan dapat mempengaruhi terjaganya efisiensi ataupun meminimalisir adanya kebocoran pada pengiriman udara pada sistem air compressor yang dipakai.

Ada baiknya air compressor digunakan sesuai dengan fungsinya saja dan tidak dianjurkan untuk memakainya di luar kebutuhan tersebut dan jika kita menemukan adanya masalah, segera panggil ahli atau teknisi yang telah berpengalaman dalam menangani air compressor sehingga masalah tersebut dapa segera diselesaikan dengan mudah.

Sumber: kaskus.co.id




Comments are closed.