Mengenal Polimer

Mengenal Polimer

14 July 2014

Polimer dan resin bisa dikatakan telah menjadi beberapa material yang banyak ditemui pada dunia industri, khususnya dalam hal dunia pelapisan atau coating. Namun, tahukah anda, ada banyak sekali yang dapat kita pelajari dari dua buah material yang kini banyak sekali diproduksi secara kimiawi ini. Untuk kali ini, kita akan banyak membahas tentang polimer.

Polimer sendiri bisa dikatakan adalah salah satu senyawa kimia yang memiliki massa molekul yang sangat tinggi dan bahkan tersusun dari unit ulangan sederhana yang tergabung karena adanya proses polimerisasi. Unit ulangan polimer sendiri bisa dikatakan sebagai suatu molekul sederhana dengan massa yang rendah dan disebut sebagai monomer. Unit monomer yang berjumlah ratusan hingga ribuan inilah yang membentuk polimer sebagaimana saat pembentukan makromolekul seperti karbohidrat dan protein. Singkat kata semua polimer adalah makromlekul, tapi tidak semua makromolekul adalah polimer

Jenis polimer yang paling banyak dikenal di dunia industri sendiri berwujud pada PVC dan Plietena. Polimer sendiri tidak dapat didefinisikan sifatnya pada satu atau beberapa karakter tertentu mengingat karakternya sangat bervariasi dan hal ini pulalah yang membuatnya memiliki banyak fungsi di berbagai kehidupan manusia. Contoh paling jelas dalam penggunaan polimer adalah pada barang-barang seperti plastik, elastomer, cat dan untuk dunia industri juga dapat menggunakannya sebagai pelapis atau coating pada berbagai bidang seperti lantai, dinding, atau bahkan mesin dan perlengkapan lainnya. Disamping itu, berbagai kebutuhan rumah tangga pada bidang transportasi, komunikasi, elektronika, dan bahkan peralatan rumah tangga juga tidak lepas dari penggunaan senyawa kimia ini.


Comments are closed.