Mengenal Lebih Dalam Tentang Coating (Bagian 3)

Mengenal Lebih Dalam Tentang Coating (Bagian 3)

5 November 2014

Dalam begitu banyak bidang kegiatan manusia, coating telah menjadi salah satu bagian yang tidak lagi terpisahkan. Berbagai jenis barang meskipun bentuknya cukup kecil dan tidak begitu dianggap penting pun sebenarnya masih berkaitan erat dengan lapisan coating. Sebagai contoh, barang seperti telepon genggam yang kita pegang sehari-hari pun sebenarnya tidak lepas dari lapisan coating pada casingnya. Lapisan terluar itulah yang menjadi pelindung utama dari berbagai macam peralatan yang kita pakai sehari-hari.

Pelapisan coating sendiri sebenarnya memiliki beragam pertimbangan, meskipun pertimbangan utamanya biasanya adalah adanya pengendalian dari ketebalan lapisan terluar. Pengendalian ketebalan lapisan terluar ini disesuaikan dengan kebutuhan dari barang-barang dan juga kadar gesekan atau fungsi dari suatu benda. Idealnya, lapisan coating sebaiknya setipis mungkin, namun sudah cukup mampu memberikan perlindungan yang maksimal bagi benda tersebut.

Pengendalian ketebalan lapisan ini pun sudah dapat dilakukan dengan mudah mengingat mesin coating telah memiliki sistem pengaturan yang sangat bervariasi. Pada industri elektronik misalnya, pengendalian lapisan coating sendiri bahkan lebih dari sekadar seberapa tebal lapisan, namun ke bagian-bagian mana saja yang perlu untuk dilapisi, dan bagian mana yang sebaiknya tidak dilapisi agar fungsi elektroniknya dapat bekerja dengan baik.

Banyak sekali dunia industri yang telah memakai sistem coating dengan aplikasi film tipis. Bahan-bahan fungsional pun dipakai untuk substrat, seperti diantaranya adalah kertas, kain, film, dan juga saham. Beberapa sistem pelapisan ini juga memakai sistem gulungan yang sering juga disebut oleh pelaku industri sebagai pelapisan roll to roll atau juga lapisan berbasis web.

Sumber: academia.edu


Comments are closed.