Mengenal Lebih Dalam Tentang Coating (Bagian 2)

Mengenal Lebih Dalam Tentang Coating (Bagian 2)

4 November 2014

Dunia industri identik dengan suhu yang tinggi, tekanan yang besar, dan juga kinerja industri yang cepat. Berbagai faktor tersebut memang dibutuhkan dalam proses kinerja industri mengingat sistem kinerja modern memang banyak memakai ketiga faktor tersebut. Sayangnya, meskipun mendukung sistem kerja industri, suhu tinggi, gesekan, kinerja yang cepat, dan tekanan yang besar juga mempengaruhi bentuk fisik dari mesin-mesin dan berbagai peralatan industri yang berjalan. Hal inilah yang mendasari penggunaan dari adanya pelapisan atau yang akrab disebut sebagai coating. Coating dipercaya dapat memberikan perlindungan maksimal bagi mesin untuk terus bekerja dengan kondisi yang telah direncanakan.

Disamping melindungi, lapisan coating yang menjadi lapisan terluar bagi suatu mesin atau peralatan juga memberikan fungsi tampilan yang baik. Sebagai contoh, mesin-mesin dilapisi dengan warna perak nan menawan sehingga terkesan kuat dan bersih. Lapisan coating yang paling terkenal adalah lapisan cat. Cat sendiri biasanya kita kenal sebagai pewarna dari dinding rumah, namun, cat yang kita bahas kali ini adalah yang memberikan lapisan terluar sebagai pelindung substrat dan unsur dekoratif bagi banyak jenis benda.

Cat sendiri biasanya dikenal sebagai pencegah korosi yang baik bagi beberapa peralatan logam seperti pada pipa industri besar. lapisan fungsional dari cat sendiri dapat mengubah sifat permukaan substrat, sehingga mesin, pipa, atau beberapa peralatan lain dapat memiliki ketahanan yang sangat baik pada korosi, gesekan, keausan, dan juga adhesi dan wetability. Untuk beberapa peralatan lain pada dunia industri seperti semikonduktor yang memiliki substrat wafer, lapisan coating dipercaya dapat memberikan tambahan perlindungan dan fungsi yang baru seperti dalam hal respon magnetis dan konduktivitas listrik yang memang menjadi hasil produk utama dari bahan semi konduktor.

Sumber: academia.edu


Comments are closed.