Mengenal Komponen Pipa (Bagian 2)

Mengenal Komponen Pipa (Bagian 2)

23 October 2014

Pipa telah banyak dikenal dalam dunia industri sebagai salah satu bagian yang cukup banyak dibutuhkan. Sebagaimana kita ketahui, banyak sekali fluida-fluida yang harus dialirkan sebagai bahan atau medium dari proses industri seperti halnya gas, air, cairan kimia, dan lain sebagainya. Pipa juga sangat baik untuk digunakan sebagai media pembuangan berbagai macam residu. Untuk kali ini, kita akan membahas cukup banyak tentang pipa secara keseluruhan.

Biasanya, kita mengenal pipa sebagai sebuah peralatan yang terbuat dari bahan PVC yang akrab disebut sebagai paralon. Pipa paralon sendiri banyak digunakan untuk keperluan air yang dikonsumsi harian rumah tangga. Beberapa industri seperti perusahaan air minum daerah juga memakai pipa paralon dalam berbagai ukuran untuk keperluan distribusi, namun, tahukah anda, terdapat banyak sekali bahan pembuatan paralon?

Secara umum sendiri pipa memiliki beberapa struktur bahan, tidak hanya yang terbuat dari PVC atau paralon yang kita kenal. Sebagai contoh, kita mengenal pipa yang terbuat dari bahan logam berat yang terkadang kita sebut sebagai pipa besi. Pipa gas biasanya memakai jenis pipa ini mengingat kemampuannya dalam menahan tekanan tinggi dengan lebih baik. Beberapa industri juga memakai jenis pipa logam dengan ukuran besar karena dikenal memiliki kekuatan yang sangat besar dan dapat bertahan dalam waktu yang lama. Contohlah industri minyak mentah, tentu kita akan melihat sistem perpipaan yang cukup rumit dengan pipa-pipa logam yang berukuran besar dan berjumlah besar. Namun, logam untuk pipa tidak selalu terbuat dari besi, terdapat banyak sekali jenis logam dan campuran yang dipakai untuk dijadikan pipa, mereka adalah Carbon steel, Carbon Moly, Galvaness, Ferro Nikel, Stainless Steel, dan juga Chrom Moly.


Comments are closed.