Mengecek Kebocoran Pada Pipa

Mengecek Kebocoran Pada Pipa

17 August 2015

Libratama menyediakan berbagai peralatan yang mampu menuntaskan masalah pada kebocoran pipa baik itu berupa pipa untuk kebutuhan industri maupun kebutuhan rumah tangga. Salah satu peralatan yang bisa dipakai adalah Stop It Pipe Repair System yang mampu mengatasi kebocoran dengan singkat. Peralatan berupa kain fiberglass dengan resin spesial ini akan mampu menutup kebocoran justru dengan pengaktif berupa air. Masalah kebocoran akan mudah teratasi dan sambungan pipa pun justru akan lebih menguat. Namun, sebelum kita membahas lebih jauh tentang melakukan perbaikan pada pipa, kita tentu harus melakukan pengetesan kebocoran pada pipa sehingga kita bisa memastikan bahwa kita memperbaiki pipa dengan tepat.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan pada jalur pipa yang akan dilakukan pengetesan kebocoran. Bisa jadi ada area jalur yang belum dilas dengan tepat atau terdapat beberapa komponen penting yang tertinggal. Jika ternyata ditemukan masalah di atas, bisa jadi masalah kebocoran berasal dari hal tersebut. Hal kedua yang dapat kita lakukan adalah dengan melakukan pengencangan pada baut atau mur pada pipa dan sambungannya. Pastikan bahwa baut dan mur tersebut sudah terpasang sesuai dengan standar tingkat kekecangan yang dibutuhkan.

Pengetesan kebocoran biasanya hanya dilakukan pada satu bagian pipa saja sehingga kita bisa melakukan penyambungan dengan teknik jumper dan juga dapat melakukan penutupan pada bagian pipa dengan memakai peralatan blind flange sehingga fluida pengecekan tidak akan keluar dari bidang pengetesan saja. Kita kemudian dapat memakai pemasangan pressure gauge pada dua buah titik pada pipa yang biasanya berposisi di atas maupun di bawah dan juga pipa yang dipakai untuk menginjeksi fluida pengetesan. Jika mesin kompressor sudah siap dan fluida berupa air sabun mulai diinjeksi ke pipa yang dicek, maka kita akan menemukan beberapa gelembung yang keluar dari bagian pipa yang bocor. Kita juga dapat mengecek tekanan dengan pressure gauge apakah dalam kondisi normal atau tidak.


Comments are closed.