Lapisan Coating Organik dan Anorganik (Bagian 8)

Lapisan Coating Organik dan Anorganik (Bagian 8)

28 November 2014

Lapisan coating telah menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan lagi bagi kehidupan manusia, bagaimana tidak, berbagai barang yang disesuaikan dengan kebutuhan manusia telah banyak yang memakai lapisan coating. Lapisan ini memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan tampilan dari suatu benda. Disamping itu, lapisan coating juga dipercaya dapat memberikan perlindungan yang baik bagi lapisan terluar dari benda terhadap lingkungannya. Kita dapat mengambil contoh berbagai peralatan yang terbuat dari logam seperti halnya pipa besi. Pipa ini biasanya telah dilapisi dengan lapisan coating yang akan sangat baik terhadap karat yang dapat dengan mudah merusak fisik dari pipa besi.

Salah satu jenis lapisan coating yang banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari namun tidak kita sadari adalah cat. Ya, banyak orang yang menganggap cat lebih banyak dipakai pada area tembok rumah saja. Padalal, cat sendiri adalah salah satu jenis lapisan coating yang banyak sekali di berbagai macam benda dari yang berukuran kecil seperti mainan anak-anak atau bahkan pada benda-benda berukuran besar seperti mesin kendaraan. Sebagai lapisan coating, cat juga memiliki fungsi memberikan perlindungan yang cukup dan membuat tampilan yang baik dari suatu benda. Untuk jenis lapisan coating organik, cat sendiri biasanya memiliki fungsi utama berupa penentu tampilan dari suatu benda.

Salah satu jenis cat yang banyak kita pakai adalah jenis cat primer pra fabrikasi. Jenis cat ini sendiri banyak dipakai untuk membersihkan benda-benda yang terbuat dari bahan baja dari adanya karat. Cat ini sendiri dipercaya dapat melindungi baja selama tahapan perakitan struktur. Cat primer pra fabrikasi memiliki bahan berupa bubuk seng atau besi oksida merah dengan pengikat berupa resin epoxy. Setelah dioleskan, jenis cat ini akan sesegera mungkin mengering dalam dua atau tiga menit untuk kemudian memberikan perlindungan maksimal selama berbulan-bulan.

Sumber: cloudyaaaezra.blogspot.com


Comments are closed.