Lapisan Coating Organik dan Anorganik (Bagian 10)

Lapisan Coating Organik dan Anorganik (Bagian 10)

2 December 2014

Pada artikel sebelumnya, kita telah banyak membahas tentang lapisan cat minyak. Cat minyak sendiri biasanya banyak digunakan untuk membuat karya seni seperti lukisan meskipun dalam beberapa kasus, beberapa jenis benda seperti yang terbuat dari kayu pun dapat dilapisi oleh jenis cat ini. Cat minyak sendiri ternyata memiliki beberapa kekurangan besar, khususnya dalam hal begitu lamanya durasi pengeringan pada saat pelapisan melalui cat ini sehingga jika kita melakukan beberapa pelapisan pada suatu benda, maka kita harus menunggu waktu pengeringan dalam durasi yang cukup lama, bahkan dalam hitungan hari. Hal ini tentu saja akan kurang efektif karena waktu pelapisan yang dibutuhkan pun menjadi terlalu lama.

Fungsi utama dari lapisan coating sendiri adalah memberikan tampilan yang baik bagi suatu benda sekaligus memberikan perlindungan yang maksimal pada benda tersebut dari lingkunan yang bisa saja merusak bentuk fisik dari benda. Jika proses pelapisan coating sendiri membutuhkan wktu yang cukup lama hanya untuk menunggu pengeringan sebelum diberikan unsur pelapisan terakhir, tentu saja waktu diantara proses pengeringan yang lama hingga pelapisan terakhir dapat menjadi kurang sempurna karena proses pengeringannya terganggu oleh kondisi lingkungan. Disinilah mengapa kita menemukan Cat oloeresin atau yang akrab kita jumpai sebagai Vernis.

Vernis sendiri sering dianggap sebagai bentuk modern dari cat minyak. Fungsi utama dari vernis sendiri adalah menutupi berbagai macam kelemahan dan juga memperbaiki sifat pengeringan dan juga pengikatan lapisan coating yang ada pada cat minyak. Dalam kata lain, vernis menyempurnakan cat minyak sederhana. Vernis sendiri sangat baik dalam melindungi benda yang dilapisinya, dan cat dengan jenis resin fenolat ini memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap abrasi. Satu catatan yang harus kita perhatikan adalah, permukaan dari benda yang telah dilapisi vernis sebaiknya tidak mengalami kelembaban saat dilas.

Sumber: cloudyaaaezra.blogspot.com


Comments are closed.