Lapisan Coating Organik Atau Anorganik (Bagian 7)

Lapisan Coating Organik Atau Anorganik (Bagian 7)

27 November 2014

Nyaris semua bahan yang kita pakai sehari-hari telah memiliki lapisan terluar berupa lapisan coating. Lapisan coating sendiri memiliki fungsi sebagai pemberi tampilan terluar. Untuk fungsi ini, kita dapat mengambil contoh berupa barang-barang yang memiliki tampilan yang sangat khas seperti perak bagi bagian-bagian mesin, warna-warna cerah biasanya dipakai pada mainan anak-anak untuk menarik perhatian, dan warna-warna modern khas metalik biasanya dipakai pada perangkat elektronik. Disamping memiliki fungsi sebagai pemberi tampilan, lapisan coating juga memberikan perlindungan yang baik bagi barang yang dilapisi, sebagai contoh. Benda-benda dengan bahan dasar logam biasanya akan semakin terlindungi dengan masalah karat yang dapat merusak.

Salah satu jenis lapisan coating yang banyak diakrabi oleh masyarakat adalah cat. Cat sendiri sering digolongkan sebagai lapisan coating organik meskipun jenis cat modern juga sering dibuat dari bahan kimia anorganik. Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang bagian dasar dari cat yakni sebagai wahana, pigmen, dan juga aditif. Untuk bagian wahana, kita mengenal zat ini sebagai zat yang membuat cat memiliki fluiditas saat mengering sehingga saat menguap akan meninggalkan sejenis selaput padat yang akan memberikan perlindungan bagi objek yang dilapisi.

Bagian wahana sendiri akan menjadi kering setelah melalui beberapa proses yang dapat kita jabarkan sebagai berikut. Proses pertama yang biasanya terjadi adalah adanya penguapan pada unsur pelarut yang ada di dalam wahana, kemudian kita akan menemukan adanya perubahan kimia yang berupa adanya oksidasi terhadap unsur cair dalam wahana. Unsur cair yang dimaksud biasanya adalah minyak cat yang memang menjadi bagian dari cat. Kemudian proses yang terakhir terjadi adalah polimerisasi. Polimerisasi sendiri adalah adanya reaksi kimia yang terjadi antara wahana dengan agen pengering yang dicampur ke dalam cat. Proses ini biasanya terjadi tepat sebelum cat tersebut digunakan.

Sumber: cloudyaezra.blogspot.com


Comments are closed.