Lapisan Coating Organik Atau Anorganik (Bagian 6)

Lapisan Coating Organik Atau Anorganik (Bagian 6)

26 November 2014

Berbagai macam benda yang dipakai oleh masyarakat telah banyak memakai lapisan coating sebagai lapisan pelindung terluarnya. Kita dapat melihat jenis barang yang ringan seperti mainan anak-anak ataupun berbagai macam benda yang berat seperti mesin-mesin kendaraan bermotor telah memakai lapisan coating. Lapisan coating ini sebenarnya cukup tipis dan terkesan hanya memiliki fungsi lebih kepada pemberi tampilan bagi suatu benda. Sebagai contoh, warna perak yang telah menjadi warna identitas bagi mesin dan bagian-bagiannya sendiri didapatkan dari proses pelapisan coating yang terrencana dengan baik. Lapisan ini dipercaya dapat memberikan tampilan khas mesin, disamping juga memberikan perlindungan maksimal mengingat mesin bekerja dengan sangat keras dalam waktu yang lama.

Pelapisan coating sendiri dapat memakai berbagai jenis bahan. Untuk jenis coating organik sendiri, kita biasanya memakai bahan berupa cat. Cat sendiri akrab dipakai sebagai lapisan berbagai macam benda, termasuk mesin-mesin yang membutuhkan perlindungan dari berbagai masalah seperti karat. Cat yang dipakai pun bukanlah cat yang biasa kita pakai sebagai cat dinding, melainkan cat khusus yang memberikan perlindungan khusus pula. Cat sendiri dapat dianggap sebagai salah satu sistem pelapisan yang diperuntukkan untuk berbagai macam kebutuhan.

Pada dasarnya, cat sendiri memiliki beberapa bagian. Bagian pertama dari cat adalah wahana atau juga yang akrab disebut sebagai vehicle. Vehicle sendiri adalah bagian cat yang berupa zat yang membuat cat memiliki fluiditas saat mengering atau menguap sehingga akan meninggalkan sejenis selaput padat. Bagian berikutnya adalah bagian pigmen. Pigmen sendiri tersuspensi dalam bagian wahana. Fungsi pigmen ini sendiri dapat mengendalikan korosi, laju difusi reaktan yang terdapat dalam selaput kering atau dalam kata lain memberikan perlindungan bagi objek yang dilapisi. Sedangkan bagian cat lainnya adalah aditif yang dapat mempercepat proses pengeringan sehingga lapisan cat yang kering pun memiliki daya tahan dan keawetan yang baik terhadap lingkungan dari benda yang dilapisi.

Sumber: cloudyaezra.blogspot.com


Comments are closed.