Lapisan Coating Mencegah Karat

Lapisan Coating Mencegah Karat

18 November 2014

 Bahan logam telah banyak sekali digunakan untuk kebutuhan manusia, sebagai contoh, rumah-rumah modern pun kini memiliki banyak sekali bahan-bahan yang terbuat dari logam, baik itu berupa besi-besi yang dipasang di tiang atau pondasi rumah, hingga yang terkecil seperti pada lis-lis jendela. Logam sendiri biasanya berkaitan dengan mesin-mesin atau peralatan rumah tangga yang banyak digunakan sehari-hari seperti sepeda motor atau bahkan pompa air yang jelas akan sangat penting bagi masyarakat tanah air. Berbagai peralatan yang terbuat dari logam tersebut biasanya memiliki satu masalah yang sama, yakni masalah korosi.

Korosi sendiri biasanya disebabkan oleh oksidasi yang terjadi di mesin atau peralatan yang terbuat dari logam. Berbagai sebab bisa menyebabkan korosi ini. Sebagai contoh, pipa-pipa air bersih daerah tentu saja dapat dengan mudah mengalami korosi jika dibiarkan terkena lingkungan yang mendukung adanya oksidasi. Mesin dan peralatan industri pun sama saja, dengan adanya suhu dan tekanan tinggi saat dipakai dalam proses produksi dalam jangka waktu yang sama, maka kerusakan dari mesindan peralatan pun dapat dengan mudah terjadi.

Untuk menghadapi masalah korosi sendiri, kita dapat memakai jenis lapisan coating dengan material yang lebih elektronegatif. Biasanya jika lapisan ini dikenakan pada logam seperti baja, maka logam ini akan jauh lebih terlindungi. Beberapa bahan material yang memiliki ke elektronegatifan cukup tinggi adalah seng atau zinc (Zn), Aluminium (Al), dan Magnesium (Mg) dan lebih tinggi dari unsur besi ataupu baja sehingga akan sangat baik untuk digunakan. Jenis unsur dengan tingkat elektronegatif tinggi lainnya adalah potassium, barium, dan sodium, sementara yang lebih rendah adalah untuk nikel, silver atau perak, tin, dan juga antimony.

Sumber: sekilas-bajaringan.blogspot.com


Comments are closed.