Ketahui  Seberapa Baik Kondisi Rumah Anda Melalui Kamera Thermal

Ketahui Seberapa Baik Kondisi Rumah Anda Melalui Kamera Thermal

26 October 2015

Penggunaan kamera thermal sudah mengalami perkembangan pengunaannya khususnya dalam konstruksi bangunan. Teknologi ini mampu menemukan adanya indikasi masalah mulai dari gedung, jembatan, dan konstruksi bangunan-bangunan besar lainnya. Tidak hanya itu, Anda pun bisa menggunakannya di rumah untuk memeriksa kondisi pada keseluruhan kondisi rumah Anda.

Mungkin Anda tidak akan pernah menyadari jika terdapat indikasi kerusakan, kecuali yang tampak melalui penglihatan. Namun melalui kamera thermal Anda dapat mengetahui beberapa hal yang dapat Anda antisipasi sebelum benar-benar terlihat oleh Anda dalam kondisi yang sudah parah.

  • Kabel listrik yang rusak

Instalasi kabel rumah biasanya tersembunyi di balik dinding-dinding dan langit-langit rumah. jika terdapat instalasi yang buruk maka akan memberi dampak negatif pada rumah, misalnya terjadi korsleting atau overheating yang dapat mengakibatkan tagihan listrik yang membengkak, ketahanan peralatan yang berkurang, hingga terjadinya hubungan arus pendek, yang dapat menyebabkan kebakaran. Melalui kamera thermal Anda dapat mengetahui sudut-sudut rumah yang mengindikasikan adanya masalah.

  • Adanya kebocoran pada lagit-langit rumah

Adanya kebocoran mungkin hanya akan Anda sadari ketika hujan, dengan merembesnya air ke langit-langit rumah. Melalui kamera thermal Anda dapat mencegah kondisi tersebut sebelum datangnya musim penghujan. Kamera thermal akan mendeteksi hingga menemukan sumber kebocoran.

  • Jendela yang rusak

Menggunakan alat pemanas ruangan dan pendingin akan bekerja maksimal pada ruangan yang tertutup. Namun jika kondisi jendela Anda yang rusak, justru akan mengundang udara dari luar ikut masuk, yang dapat mengakibatkan tagihan alat pengatur suhu ruangan Anda membengkak. Sementara kerusakan pada jendela tidak Anda sadariĀ  karena tidak benar-benar terlihat oleh mata. Melalui kamera thermal Anda dapat mencegah hal ini dengan memeriksa seberapa baik kondisi jendela rumah.

  • Pemasangan pintu yang buruk

Tidak hanya jendela yang dapat mengakibatkan tagihan yang membengkan pada pengatur suhu ruangan Anda, pintu yang berada dalam kondisi tidak pun bisa menjadi salah satu penyebabnya. Terkadang pemasangan pintu kurang tepat. Hal ini dapat diketahui melalui penggunaan kamera thermal. Kamera ini dengan cepat akan memindai pintu dan menemukan titik yang menyebabkan masalah.




Comments are closed.