Katup Aliran Fluida Pada Pipa Industri

Katup Aliran Fluida Pada Pipa Industri

30 March 2015

Dalam dunia industri, kita bisa menemukan begitu banyak peralatan yang dipergunakan dalam dunia industri. Bagaimana tidak, dunia industri kini berkembang dengan sangat pesat dan mengagumkan sehingga kita dapat menemukan berbagai macam variasi peralatan dan bahan yang bisa kita temukan. Salah satu peralatan yang banyak kita temui di dunia industri adalah pipa. Peralatan ini hampir selalu ditemui di dunia industri sebagai pengalir aliran fluida yang dibutuhkan baik itu untuk keperluan produksi, bahan bakar, atau bahkan pendukung dan fungsi lainnya. Dalam pipa-pipa tersebut, kita akan menemukan beberapa alat pelengkap seperti katup atau banyak disebut sebagai valve. Katup ini memiliki berbagai macam jenis dan kita akan membahas beberapa diantaranya.

Katup Kupu-kupu atau yang akrab disebut dengan Butterfly Valve adalah sebuah katup yang memiliki bentuk penyekat dengan rupa piringan. Penyekat ini sendiri dikenal memiliki sumbu putar di bagian tengah. Dengan desain seperti ini, katup kupu-kupu dapat dibagi menjadi concentric dan juga eccentric. Katup-kupu-kupu juga memiliki turbulensi dan juga penurunan tekanan atau yang akrab disebut sebagai pressure drop dengan nilai yang minimal. Dalam dunia industri, katup kupu-kupu justru dikenal sangat baik untuk diaplikasikan dalam hal membuka atau menutup fluida dan juga throttling atau menyempitkan aliran. Disamping itu, katup ini akan sangat baik untuk mengendalikan fluida berupa zat cair ataupun gas dalam jumlah yang tergolong besar seperti pada industri gas.

Katup Ball memiliki penyekat dengan bentuk bola dengan lubang yang menembus bagian tengahnya. Katup ini sendiri dapat dengan cepat ditutup dan cukup kedap untuk dapat menahan fluida berupa zat cair. Sementara itu, katup terakhir adalah Check Valve atau Non-return valve yang memiliki fungsi utama berupa mengalirkan fluida ke satu arah saja dan mencegah adanya arus ke arah sebaliknya. Tipe katup ini dapat dibagi menjadi beberapa bagian layaknya double-plate, swing, tilting,  dan juga axial.

Sumber: kitzindonesia.blogdetik.com


Comments are closed.