Jika Pipa Atau Sambungan Pipa Mengalami Kebocoran

Jika Pipa Atau Sambungan Pipa Mengalami Kebocoran

22 January 2015

Pipa terbuat dari berbagai macam bahan dari yang tidak begitu keras layaknya PVC yang kerap kita sebut sebagai paralon atau bahkan bahan-bahan logam yang sangat keras. Dari berbagai jenis bahan pipa tersebut, kita masih bisa menemukan pipa yang mudah mengalami kerusakan maupun kebocoran mengingat kebanyakan pipa digunakan dalam periode waktu yang lama sehingga bisa jadi terdapat perubahan tekanan atau gangguan yang menyebabkan fluida dapat bocor. Biasanya, terjadinya perubahan tekanan karena adanya penyumbatan di bagian dalam pipa sehingga aliran fluida terhambat dan tekanan pun meningkat. Namun, apakah hanya itu penyebabnya? Ternyata banyak sekali kemungkinan pipa bisa mengalami kebocoran.

Saat pemasangan pipa, kadang kala kita melakukan sedikit pukulan pada beban pipa atau sambungannya. Hal ini ternyata mampu membuat pipa rusak dan bocor. Pembebanan berlebihan termasuk tekanan yang terlalu besar juga dapat dengan mudah merusak pipa. Jika sudah terlanjur rusak dan bocor, maka bagian pipa yang rusak ini bisa saja kita perbaiki melalui produk-produk Libratama. Jika kebocoran sudah terlampau besar, maka kita bisa saja menggantinya, namun, kita harus mengecek dulu apakah benar kebocoran ini terdapat pada badan pipa, bukan sambungan pipanya.

Kita bisa saja memotong pipa yang bocor dengan cara memotong pada bagian yang paling dekat dengan area pipa yang bocor pada ujung pipa yang satu dan ujung pipa lainnya di atas sambungan. Setelah itu, kita dapat menyambung pipa yang telah dipotong tersebut dengan pipa baru dengan diameter yang sama dengan pipa lama. Sesuaikan panjang pipa yang akan diganti agar muat. Penyambungan pipa dengan sambungan juga sebaiknya memakai sejenis lem khusus pada area penyambung agar sambungan ini lebih erat dan pipa dapat dipergunakan kembali.


Comments are closed.