Jenis dan Penggunaan Peralatan Tangan

Jenis dan Penggunaan Peralatan Tangan

23 September 2015

Jika membicarakan dunia industri, kita tentu tidak akan lepas dari berbagai peralatan tangan atau hand tool yang sangat penting karena kerap dipakai oleh operator-operator yang memastikan proses produksi berjalan dengan sempurna. Libratama sendiri menyediakan berbagai macam perlengkapan tangan yang akan sangat berguna di dunia industri. Namun, apa sajakah jenis dan penggunaan perlatan tangan di dunia industri itu?

Untuk membuka baut, kita memiliki banyak sekali jenis. Combination wrench adalah salah satu kunci yang mudah ditemui di masyarakat karena fungsinya yang sangat besar. Disebut kombinasi karena pada setiap ujungnya kita akan mengenal pola yang berbeda; open dan juga box sehingga kita pun dapat membuka dua jenis baut sesuai dengan kebutuhan kita. Jenis pembuka baut lainnya adalah adjustable wrench yang sering disebut masyarakat umum sebagai kunci inggris. Adjustable wrench ini sendiri memiliki kelebihan berupa kemudahannya untuk diubah-ubah ukurannya sesuai dengan ukuran baut yang ingin dilepaskan atau dikencangkan. Biasanya, peralatan ini akan sangat membantu pada baut-baut dengan ukuran ganjil yang sulit dilakukan oleh ukuran wrench konvensional lainnya.

Beberapa jenis baut hanya bisa dibuka dari bagian dalam sehingga kita tentu harus membukanya dengan allen wrench yang kecil, memanjang, dan berbentuk L. Jenis baut yang bisa dibuka oleh allen wrench adalah set screws, gudes pins, dan juga drain plugs. Sementara itu, peralatan yang banyak dipakai untuk pengerjaan pipa adalah pipe wrench.

Untuk bagian mesin, kita akan mengenal filter strap wrench. Jika mesin memiliki spin on filter dari yang berupa filter fuel maupun filter oli, maka peralatan ini akan sangat membantu dalam pemasangan dan pelepasan filter tersebut. Chain wrench sendiri banyak dipakai untuk melepas dan juga memperkuat pemasangan dari treaderd crown yang banyak dipakai pada silinder hidrolik sebagai penahan bagian ujungnya. Sementara itu, sledge wrench juga banyak dipakai sebagai pembuka baut dengan ukuran besar dan juga torsi tinggi.


Comments are closed.