Gerinda Datar Berdasarkan Prinsip Kerja

Gerinda Datar Berdasarkan Prinsip Kerja

23 April 2015

Gerinda adalah salah satu peralatan yang banyak dipakai di dunia industri unruk membentuk suatu benda kerja. Libratama sendiri menyediakan gerinda, khususnya gerinda tangan yang dapat kita pakai untuk kebutuhan sehari-hari, namun, kali ini kita akan lebih banyak membahas gerinda datar. Gerinda datar sendiri dapat kita bagi dalam prinsip kerja dalam dua buah jenis yakni berupa surface grinding semi otomatis dan juga surface grinding otomatis. Surface grinding semi otomatis sendiri dapat dikenali melalui proses pemotongan yang dapat dilakukan baik dengan cara manual dengan dikendalikan langsung oleh tangan atau sudah otomatis melalui mekanisme mesin, sementara itu, surface grinding otomatis memakai sistem pemotongan yang telah diatur dengan program otomatis yang disebut sebagai NC atau Numerical Control dan CNC atau Computer Numerically Control.

Disamping prinsip kerjanya, gerinda datar sendiri dapat dikenali melalui sistem pendingin atau coolant yang dipakainya, yakni penggerindaan kering dan juga penggerindaan basah.

Penggerindaan kering sendiri dapat dilakukan tanpa menggunakan sejenis cairan pendingin. Tujuan dari pemakaian cara ini adalah agar debu yang ditimbulkan dari proses menggerinda tidak akan mudah beterbangan yang beresiko terhisap nafas orang yang bekerja. Mesin gerinda ini akan dilengkapi dengan semacam penyedot debu agar dapat membuat debu tidak mudah terhisap dan mengendap pada bagian mesin.

Penggerindaan basah sendiri akan memakai semacam cairan pendingin. Cairan pendingin ini dapat mencegah debu yang timbul dari proses menggerinda. Disamping mencegah debu agar tidak terhisap oleh nafas pekerja yang menggerinda, debu ini diharapkan tidak mudah terbang terlalu jauh hingga mengotori area lantai. Mesin gerinda ini sendiri dilengkapi sejenis perisai yang menahan cairan pendingin tersebut. Proses menggerinda dengan mesin ini dapat mempertahankan sifat logam mengingat suhu yang tetap dan tidak mudah naik meskipun terkena gesekan kuat saat proses penggerindaan berlangsung.


Comments are closed.