Fungsi Lapisan Coating

Fungsi Lapisan Coating

17 November 2014

Telah banyak kita bahas di bab-bab sebelumnya jika lapisan coating telah banyak dipergunakan pada berbagai peralatan dan mesin industri. Dengan adanya lapisan coating, dipercaya berbagai mesin dan peralatan yang dipakai di dalam proses produksi dapat bertahan dari berbagai gangguan dalam waktu yang cukup lama. Sebagaimana kita ketahui, mesin dan peralatan industri bekerja dengan sangat keras, dengan gesekan yang sangat cepat, dan juga dengan berbagai fluida yang berpotensi merusak dengan suhu nan tinggi, tekanan besar, atau bahkan sifat fluida yang berpotensi merusak. Kebutuhan akan pelapisan coating jelas tidak dapat lagi terbantahkan. Bahkan seakan-akan pelapisan coating telah menjadi salah satu hal wajib yang harus selalu dilakukan pada dunia industri.

Sebegitu pentingnya lapisan coating, seakan-akan lapisan ini memiliki kesaktian yang sangat besar sehingga membaut dunia industri sangat membutuhkannya. Memang, perlindungan yang diberikan oleh lapisan coating sangatlah baik sehingga berbagai masalah seperti karat atau adanya kerusakan karena gesekan proses industri dapat ditahan dengan baik, namun, dalam beberapa kasus seperti karat contohnya, lapisan coating juga dapat bekerja dengan baik dengan bergantung dengan kondisi dan juga tingkat keasaman dari lingkungannya. Hal inilah yang mendasari berbagai macam jenis lapisan coating diciptakan, setiap jenis lapisan memiliki kelebihan, kekurangan, dan juga kecocokan masing-masing dalam menghadapi sebuah lingkungan.

Untuk lingkungan asam, semua jenis coating sendiri biasanya akan memiliki laju korosi yang sama, yang berarti, apapun jenis coating yang dipakai, lapisan ini hanya akan dapat melindungi dalam durasi waktu yang relatif sama. Sementara itu, untuk lingkungan basa, kita dapat memakai Coating galvalume yang memiliki unsur aluminium tinggi sehingga tidak mudah terkena korosi jika dibandingkan dengan lapisan coating galvanize ataupun ZAM. Beberapa jenis lain memiliki kelebihan dalam menahan gesekan dengan lebih baik.

Sumber: sekilas-bajaringan.blogspot.com


Comments are closed.