Drathon 32, Powder Descaler untuk Kerak dan Korosi pada Cooling Tower

Drathon 32, Powder Descaler untuk Kerak dan Korosi pada Cooling Tower

14 June 2013

Cooling tower atau menara pendingin adalah alat pembuangan atau penghilang panas yang digunakan untuk memindahkan kalor buangan ke atmosfer. Menara pendingin memanfaatkan uap air atau udara dalam proses mendinginkan. Pada umumnya menara ini banyak digunakan pada pusat pembangkit listrik, kilang minyak, pendingin gedung, dan pabrik kimia.

Saat mendinginkan suatu mesin, maka temperatur airnya akan naik. Misalnya saja temperatur awal air adalah T1, kemudian setelah digunakan untuk mendinginkan, temperaturnya akan naik menjadi T2. Di sinilah fungsi cooling tower bekerja, yaitu untuk mendinginkan kembali, dari temperatur T2 menjadi T1 melalui blower/fan dengan bantuan angin. Proses ini terjadi secara berulang, terus-menerus. Namun kinerja tersebut dapat mengalami hambatan jika terjadi korosi dan kerak.

Korosi pada logam dapat terjadi karena pH atau tingkat kelembaban yang rendah. Penyebab lainnya adalah bakteri yang menghasilkan asam sulfat. Sedangkan pembentukan kerak diakibatkan oleh kandungan padatan yang terlarut dan material anorganik yang mencapai kontrol batas. Khusus untuk mengatasi terjadinya kerak dapat dicegah dengan cara mengontrol pH. Namun jika sudah terjadi pengerakan, maka pembersihan harus segera dilakukan secara berkala agar tidak mengganggu proses pendinginan. Hal juga ini dilakukan sebagai proses pemeliharaan atau perawatan, sehingga alat tersebut memiliki jangka waktu kinerja yang lebih panjang.

Salah satu jenis produk pembersih kerak air yang diproduksi oleh Drathon Industrial Maintenance, memiliki tingkat efisiensi tinggi dalam proses pembersihannya. Produk yang termasuk ke dalam Drathon chemicals ini diluncurkan dengan nama Powder Descaler. Produk dengan seri Drathon 32 ini memiliki bentuk powder atau bubuk yang aman dan tidak berbahaya. Kandungan bahannya sangat efektif dan efisien untuk membersihkan berbagai macam jenis kerak air, baik yang terjadi pada cooling tower, radiator, maupun boiler. Selain itu, bubuk pembersih ini juga dapat diaplikasikan untuk membersihkan noda besi pada keramik, logam, dan lain-lain.

Dalam pemakaiannya, Powder Descaler dicampur dengan air, dengan perbandingan 1:10 sampai 1:20. Bahan ini aman tersentuh tangan dan tidak berbahaya bagi kesehatan.


Comments are closed.