Belajar Lebih Dalam Tentang Coating

Belajar Lebih Dalam Tentang Coating

6 January 2014

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas berbagai istilah dalam mesin coating dan juga mengenal penyesuaian dalam proses pelapisan atau juga disebut sebagai proses coating. Proses coating sendiri sangat baik untuk meningkatkan sifat permukaan dari benda yang nantinya dilapisi. Dalam dunia industri sendiri, proses coating diyakini dapat membuat sifat permukaan suatu benda, alat, atau mesin yang menunjang kelancaran suatu produksi atau daya tahan menjadi lebih baik dalam suatu hal, seperti ketahanan terhadap air, ketahanan terhadap karat, ketahanan dari goresan, atau bahkan ketahanan dari keausan.

Dalam proses coating, kita akan mengenal beberapa istilah yang dijadikan parameter, yakniĀ  karakteristik dari core tablet. Kita juga harus banyak memperhatikan kekerasan, waktu disintegrasi, friability atau kerapuhan, dan juga bentuk dari core tablet itu sendiri. Core tablet dapat memiliki tingkat kerapuhan yang tinggi, yang tentu saja kita harus lebih berhati-hati dalam menentukan kecepatan dalam proses coatingnya. Disamping kecepatan, kita juga harus memperhatikan kekerasan yang diinginkan karena jika levelnya kita naikkan, ditakutkan tablet tersebut justru akan mengalami disolusi. Hal ini tentu saja membuat kita rajin-rajin mengecek waktu disintegrasinya.

Untuk sifat dari bahan coating, kita dapat member contoh pada HPMC, yang memiliki sifat khusus berupa kemampuannya dalam membentuk lapisan film yang kedap air jika melalui proses pemanasan dengan suhu lebih dari 45 derajat Celcius. Lapisan yang sulit ditembus oleh air ini akan berdampak secara langsung pada waktu disintegrasi dan disolusi. Hal-hal tersebutlah yang harus kita pertimbangkan dengan baik sehingga jika kita menjaga suatu suhu produk dalam proses coating, kita juga tetap mampu menghasilkan hasil coating dengan tampilan yang sempurna.

Sumber: http://9ethuk.wordpress.com




Comments are closed.