Beberapa Penyebab Korosi Secara Umum

Beberapa Penyebab Korosi Secara Umum

5 October 2015

Mesin dan peralatan industri tentu bekerja dalam jangka waktu yang lama secara terus menerus. Bahkan kini banyak sekali mesin dan peralatan industri yang bisa dinyalakan dalam seminggu penuh dimana para pekerja bergantian mempergunakannya demi memenuhi tuntutan produksi yang tinggi. Dengan adanya gesekan, gerakan terus menerus tanpa henti, hingga dikombinasikan dengan tekanan, suhu tinggi, atau bahkan bahan bakar atau bahan kimia yang bisa saja bercampur di dalamnya, peralatan dan mesin industri tentu akan berpotensi mengalami korosi. Jika terjadi korosi, mesin dan peralatan industri tentu akan memiliki fisik yang jauh lebih rapuh dan bisa jadi akan mengganggu prosesĀ  produksi secara keseluruhan karena tidak mampu bekerja sebagaimana standarnya. Disamping itu, bisa jadi korosi ini memicu kecelakaan kerja yang berbahaya karena proses kerja yang tidakĀ  sesuai secara prosedur.

Banyak sekali penyebab korosi secara umum. Dikarenakan kebanyakan mesin dan peralatan industri terbuat dari bahan logam, maka korosi jelas akan lebih mudah menyerang peralatan dan mesin tersebut. Korosi yang disebabkan oleh bahan kimia akan sangat mudah terjadi di dunia industri mengingat bahan kimia seakan-akan tidak bisa lepas dari proses produksi sekarang ini. Percampuran udara, logam pada mesin dan peralatan, serta bahan kimia yang memang memiliki sifat korosif maupun abrasif tentu dapat dengan mudah menyebabkan korosi pada mesin dan peralatan. Disamping itu, proses eletrolisa juga dapat menjadi pemicu lain adanya korosi pada mesin dan peralatan industri.

Untuk mengatasi masalah ini, Libratama melalui Epoxy menyediakan berbagai produk Abrasion Resistant Epoxies. Salah satunya adalah Ceramic Rebuild Putty. Dengan bentuk pasta yang mudah dioleskan pada peralatan dan juga mesin industri, area yang rawan terkena erosi, korosi, dan juga terkena dampak bahan kimia layaknya pompa, katup, pipa, impeller, liner, hingga area siku pipa pun dapat dirawat dan dilindungi dengan baik. Disamping itu, pasta ini dapat dipakai dalam lingkup industri besar layaknya pembangkit energi, pabrik kertas, dan juga variasi industri lainnya.




Comments are closed.