Inspeksi Pada Tangki Yang Telah Out of Service

Inspeksi Pada Tangki Yang Telah Out of Service

12 October 2015

Berbeda dengan pengecekan tangki yang masih digunakan dalam proses industri yang memang masih harus berjibaku dengan berbagai bahan yang akan disimpan di dalamnya baik dalam bentuk cair, gas, dan lain sebagainya sehingga harus memenuhi standar keamanan dan industri, maka dalam beberapa waktu setelah dioperasikan bertahun-tahun, tangki tentu harus berhenti digunakan dan kemudian harus dibersihkan secara menyeluruh. Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan pengecekan tangki in service yang berfokus pada adanya kebocoran atau tida. Apa sajakah yang bisa kita lakukan saat melakukan inspeksi pada tangki yang telah out of service?

Pada bagian bottom atau bawah dari tangki, kita harus mengecek dengan melakukan pemeriksaan, pengukuran, dan juga pengetesan pada area plate dan juga joint baik dalam hal ketebalan, level fondasi, bagian pneumatic dan juga hidrostatik. Untuk bagian shell, kita dapat melakukan pengecekan dengan melakukan pengukuran, pengetesan, dan juga pemerkisaan visual pada bagian plate dan joint untuk bagian plumbness, banding, peaking, ketebalan, pneumatic dan hidrostatik. Hal yang sama dilakukan pada bagian atap atau roof. Sementara itu, untuk bagian aksesoris, kita akan melakukan pengetesan dan juga pemeriksaan pada bagian las-lasan, struktur secara kesulurahm dan juga pneumatik dan hidrsotatik. Sementara itu, untuk bagian pelapisan atau coating, kita haruslah mengecek kondisi dan ketebalannya apakah masih baik atau tidak.

Hasil inspeksi pada tank yang telah out of service sendiri masih banyak bergantung dari banyak hal. Sebagai contoh, sifat korosi dari liquid layaknya minyak, cairan kimia, atau bahkan gas yang ditampung selama bertahun-tahun sehingga tentu akan mempengaruhi rasio dari korosi yang diperbolehkan atau tidak. Cek pula kondisi pengecekan tangki saat masih digunakan. Selain hasil pemeriksaan secara visual pada tangki ini, kita juga dapat melakukan pengecekan pada potensi dari polusi baik udara maupun air yang telah ada selama tangki ini digunakan.


Comments are closed.