Mengenal Blower Persembahan Atlas Copco

Mengenal Blower Persembahan Atlas Copco

18 February 2013

Blower merupakan alat yang didayagunakan untuk menghasilkan angin yang ber”volume” kencang yang dapat dimanfaatkan dalam bidang pekerjaan manusia. Blower hampir menyerupai kipas angin, namun blower mampu menghasilkan angin yang jauh lebih kendang dari kipas angin. Di dalam blower terdapat lubang kecil yang berfungsi untuk mengeluarkan angin yang dihasiolkan oleh blower itu sendiri. Meskipun blower merupakan salah satu jenis peralatan modern, namun alat ini masih jarang dijumpai di sembarang tempat. Pasalnya hanya beberapa industri tertentu saja yang memanfaatkan keberadaan blower.

Pada dasarnya blower memiliki prinsip kerja yang mirip dengan kompresor. Blower digerakkan oleh mesin penggerak yang berupa engine ataupun motor listrik. Tekanan angin yang terdapat pada blower biasanya tidak terlalu besar dan lazimnya blower ini dimanfaatkan untuk membawa muatan produk berupa bubuk atau biji yang ditiup oleh blower. Blower dapat digunakan sebagai peniup, namun juga bisa digunakan ebagai penyedot atau vakum. Salah satu industri lain yang memanfaatkan blower adalah industri pande besi.

Pada industri pande besi, blower dimanfaatkan untuk meniup api yang terdapat pada prapen. Api inilah yang nantinya dimanfaatkan untuk melakukan proses pembakaran besi.

Atlas Copco Group, sebagai perusahaan yang berkonsentrasi pada produk-produk kompresor udara stasioner dan portabel, generator, udara dan alat-alat listrik didorong, peralatan konstruksi dan pertambangan, menghadirkan produk blower terbaru dengan beberapa macam varian yang meliputi : Oil-free high speed drive turbo, Oil-free screw, dan Single stage integrally geared turbo. Oil-free high speed drive turbo memiliki 2 tipe produk, yang terdiri atas ZB 100-160 VSD dan ZB 5-120 VSD. Demikian pula dengan Oil-free screw yang memiliki 2 tipe produk ZS serta ZS+ VSD. Sementara  Single stage integrally geared turbo 6 tipe produk yang terdiri atas GT – Series, H-Series, SC-Series, T-Series, TP-Series, dan ZB 300-900.




Comments are closed.