Mengenal Aktuator (Bagian 3)

Mengenal Aktuator (Bagian 3)

7 October 2014

Membahas aktuator berarti secara tidak langsung juga telah membahas adanya pengendalian dari sebuah sistem yang banyak sekali bekerja pada dunia industri. Aktuator sendiri merupakan peralatan yang mampu mengendalikan suatu sistem mekanis yang bekerja sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengendalikan aktuator ini sendiri, kita membutuhkan sejenis pengendali yang salah satunya merupakan Master Station yang dapat kita mudah temukan sebagai produk dari Bernard Controls Group pada Libratama. Namun, pernahkan kita mengenal dengan baik fungsi-fungsi utama dari aktuator ini?

Karena memiliki fungsi utama sebagai pengendali sistem yang lebih berupa sistem mekanis, maka fungsi mekanis dimiliki oleh peralaan ini, yakni merupakan penghasil adanya gerakan yang terbagi menjadi gerakan rotasi maupun gerakan translasi. Aktuator ini sendiri memiliki beberapa sifat seperti diantaranya adalah dimana nyaris mayoritas dari peralatan aktuator ternyata masih memakai motor atau disebut dengan motor based, lalu aktuator yang berada dalam simulasi biasanya terbuat dengan cara linier sementara untuk jenis alternator riil sendiri justru cenderung dibuat dengan cara non linier.

Untuk dapat bekerja, aktuator sendiri membutuhkan sejenis tenaga penggerak yang bisa berupa empat jenis yakni berupa aktuator dengan tenaga elektrik, aktuator tenaga pneumatic, aktuator tenaga hidrolic, dan juga aktuator tenaga plezoelectric. Aktuator yang memiliki tenaga elektrik sendiri mempergunakan sejeis solenoid yang dikombinasikan dengan motor dengan arus searah atau arus DC. Aktuator elektrik ini sendiri sangat mudah diatur dari torsi yang besar hingga besar. Untuk jenis aktuator tenaga hidrolik, kita dapat menemukan bahwa aktuator ini memiliki torsi yang cukup besar dan sayangnya sangat sulit untuk dikonstruks. Aktuator jenis lain seperti yang memakai tenaga pneumatic juga cukup sukar untuk dikendalikan. Sementara itu, aktuator lainnya dapat kita sebut sebagai aktuator piezoelectric, magnetic, hingga aktuator dengan tenaga ultra sound.




Comments are closed.