Mengenal Aktuator (Bagian 1)

Mengenal Aktuator (Bagian 1)

3 October 2014

Pada Libratama, kita mengenal adanya peralatan bernama Master Station yang dikembangkan oleh Bernard Controls Group. Peralatan ini sendiri sangat baik untuk diaplikasikan pada dunia industri mengingat kemampuannya untuk mengatur, memerintah, dan bahkan mendapatkan informasi dari aktuator dengan mudah dan cepat. Pertanyaannya adalah, apakah itu sebenarnya aktutor? Peralatan ini sepertinya cukup banyak digunakan pada dunia industri. Pada artikel inilah kita dapat membahas dengan lengkap sebenarnya tentang aktuator.

Telah banyak kita bahas pada bab-bab sebelumnya tentang sistem industri kita yang telah memakai sistem yang cukup rumit namun sangat efektif. Sistem yang rumit itu sendiri bisa terdiri dari banyak hal dari mesin, perpipaan, kelistrikan, bahan bakar, penyedia bahan, atau bahkan untuk sekadar pencahayaan yang sesuai. Sistem ini harus berjalan dengan sempurna secara terus menerus dengan kestabilan dan efisiensi yang baik. Untuk memastikan adanya hal ini, kita membutuhkan pengendali atau pengontrol dari sistem ini. Untuk alasan inilah aktuator diciptakan.

Aktuator sendiri sebenarnya adalah sejenis peralatan mekanis. Sebagaimana telah kita bahas, alat ini memiliki fungsi sebagai penggerak, pengendali, atau pengontrol pada sebuah mekanisme atau sistem. Untuk membuat peralatan mekanis ini dapat mengontrol sistem, kita dapat mengaktifkannya dengan cukup menggunakan lengan mekanis yang dapat digerakkan oleh suatu motor listrik. Bukan sembarang motor listrik, biasanya penggerak ini telah dikendalikan oleh sejenis media pengendali otomatis yang telah terprogram dan terencana. Salah satu media pengendalinya bernama micro controller.




Comments are closed.