Aktuator, Bernard Controls

Aktuator, Bernard Controls

5 March 2013

Anda pernah mendengar ‘Aktuator?’ bagi Anda yang bergelut dalam dunia maintenance tentu sudah tak asing lagi dengan istilah ‘Aktuator’. Ya, Aktuator merupakan salah satu dari sekian peralatan mekanis dalam dunia industri yang berguna untuk mengontrol atau menggerakkan suatu sistem dan mekanisme. Ada pula yang mendeskripsikan aktuator secara singkat dengan bagian yang berperan sebagai penggerak perintah yang diberikan melalui input.
Aktuator dapat diaktifkan melalui pendayagunaan lengan mekanis yang lazimnya digerakkan motor listrik. Motor listrik ini sendiri dikendalikan melalui media pengontrol otomatis yang telah terprogram, salah satunya melalui mikrokontroler. Tak jarang aktuator juga didefinisikan dengan elemen yang mengkonversikan besaran listrik analog diubah menjadi besaran lain seperti kecepatan putaran. Selain itu aktuator juga merupakan bagian dari perangkat elektromagnetik yang menciptakan daya gerak sehingga dapat menghasilkan pergerakan pada robot. Salah satu cara untuk meningkatkan taraf tenaga mekanik dari aktuator adalah dengan memasang sistem gearbox.
Aktuator memiliki beberapa fungsi utama, antara lain: sebagai penghasil gerakan, gerakan translasi dan rotasi, mayoritas dari aktuator adalah motor based, aktuator dalam hal simulasi seringkali dibuat linier, sementara aktuator dalam hal riil cenderung dibuat nonlinier.
Melihat begitu banyaknya peran dan fungsi dari Aktuator, Libratama Group sebagai perusahaan distributor bidang industrial maintenance menghadikan aktuator dengan brand ‘Bernard Controls’.
Bernard Controls merupakan pakar dalam market nuklir dan menjadi salah satu pegiat internasional yang terkemuka pada market aktuasi, power, air, industri migas, dan sebagainya. Melalui produk-produk terpercaya dalam bidangnya telah berhasil mengantarkan Bernard Controls meraih kunci sukses dalam menjalankan ekspansi taraf internasional. Saat ini bernard Controls telah mempunyai lebih dari 30 agen, 3 kantor yang berlokasi di Bangkok, Moskow, dan Dubai, serta 7 anak perusahaan yang tersebar di Perancis, Madrid, Houston, Brussles, Milano, dan beberapa tempat lain.
Tanggap akan permintaan pasar yang membutuhkan sistem kontrol yang dapat mendeteksi suatu kesalahan baik dari jarak dekat maupun jarak jauh, Bernard Control menghadirkan The Bernard Control ST aktuator dengan desain Intelli + yang berkonsep cerdas sehingga dapat memecahkan masalah perindustrian sebesar apapun. Selain itu Bernard Control masih dilengkapi dengan beberapa keunggulan antara lain kehandalan dan keakuratan pada sensor pemeliharaan absolute position; mudah digunakan karena dilengkapi tampilan grafis serta menu yang tersaji dalam 8 bahasa; pengaturan yang bersifat nonintrusive; alarm yang dapat mengindikasikan kesalahan-kesalahan diagnosis baik secara lokal ataupun jarak jauh; dibangun berdasarkan fungsi-fungsi mutakhir seperti partial stroking, ESD, dan timing control.




Comments are closed.